Viral Perwira Polisi Ngamuk ke Petugas Dishub, Begini Cerita di Baliknya

Viral Perwira Polisi Ngamuk ke Petugas Dishub, Begini Cerita di Baliknya

Senin, 14 Oktober 2019



Jakarta - Beredar video singkat di media sosial yang menunjukkan seorang pria yang mengaku sebagai polisi memarahi 2 pria berseragam dinas perhubungan (dishub). Pria yang mengaku polisi tampak tidak memakai seragam dinas.

"Lu operasi di jalan tanpa polisi lu?!" hardik pria itu pada 2 petugas dishub tersebut seperti dalam video tersebut, Senin (14/10/2019).

Dalam video berdurasi 1 menit itu, pria yang mengaku polisi membahas soal mobilnya. Dia turut mengeluarkan kata-kata kasar yang ditujukan pada petugas dishub tersebut.

"Ini mobil saya nih! Lu baru jadi dishub aja kurang ajar lu. Lu tuh anak buahnya polisi. Tahu nggak lu?" kata pria itu membentak.

Setelahnya, pria itu meminta kartu nama petugas dishub itu untuk difoto. Pria itu masih terus memarahi petugas dishub yang tampak tidak melawan.

"Saya minta kartu nama kamu! Foto, foto! Kepala Dishub-nya saja saya lawan, apalagi kamu. Kurang ajar lu. Kalau dibilang ini mobil polisi, jangan main-main. Saya bukan maling," teriak si pria.

"Kamu belum berjuang untuk negara kamu. Kamu belum berjuang untuk negara kamu. Saya sudah pahlawan. Kalau gua bilang ini mobil gua jangan main-main," sambung si pria.

Berkaitan dengan video itu, detikcom mencoba mengecek ke Kadiv Propam Polri Irjen Listyo Sigit. Dia mengamini bila pria di dalam video itu adalah Kombes Susetio Cahyadi.

"Propam sudah melakukan pemeriksaan awal. Peristiwa terjadi Juni 2018 di Taman Kota Tangsel (Tangerang Selatan)," kata Sigit.

Peristiwa itu disebut Sigit bermula dari mobil Susetio yang bannya kempis. Akhirnya Susetio meminta tolong orang lain untuk mengirimkan ban cadangan padanya.

"Namun orang yang diminta tolong tidak datang-datang dan setelah dicek orang yang disuruh antar ban dirazia oleh petugas dishub," kata Sigit.

Emosi Susetio saat itu tersulut. Susetio pun memaki-maki petugas dishub itu. Namun menurut Sigit, setelahnya Susetio dan petugas dishub itu sudah saling meminta maaf dan menganggap peristiwa sebelumnya adalah kesalahpahaman semata.

"Karena emosi yang bersangkutan, terjadi keributan mulut. Namun saat itu mereka kemudian sudah saling memaafkan atas kesalahpahaman tersebut," tutur Sigit.

Berkaitan dengan video yang viral, Sigit menyebut isinya tidak utuh. Sedangkan soal Susetio, disebutkan Sigit, telah mendapatkan teguran dari atasannya.

"Dari hasil pengecekan, video diviralkan tidak utuh dan ada bagian yang dipotong-potong. (Masalah) sudah clear karena masing-masing pihak sudah saling memaafkan. Dan untuk Pak Susetio, saat itu sudah mendapatkan teguran dari pimpinannya," kata Sigit.


detikcom telah berupaya menghubungi Kombes Susetio mengenai kejadian ini. Namun yang bersangkutan belum merespons.